Jumat, 05 Mei 2017

Tradisi Teori Komunikasi menurut Little John



Pengertian Tradisi Teori Komunikasi Menurut Little John

1.       Tradisi Teori Sosiopsikologi

 “ Anda bukanlah sebuah kelompok. Melainkan bagian dari kajian Individu sebagai makhluk sosial yang merupakan Tujuan daro sosiopsikologi. Berasal dari kajian Psikologi Sosial. Tradisi ini memiliki tradisi yang kuat dalam komunikasi. Berfokus pada Perilaku Sosial Individu, variebel psikologis, efek individu, kepribadian dan sifat, persepsi serta kognisi. “

2.       Tradisi Teori Sibernetik

“ Tradisi Sistem-sistem yang didalamnya banyak orang saling berinteraksi, mempengaruhi satu sama lainnya. Menjelaskan bagaimana proses fisik, biologis, sosial dan perilaku bekerja. Komunikasi dipahami sebagai sistem bagian-bagian atau variabel yang saling mempengaruhi satu sama lainnya. Membentuk serta mengontrol karakter seluruh sistem dan layaknya organisme, menerima keseimbangan dan perubahan.

3.       Tradisi Teori Kritik

“ Pertanyaan-pertanyaan akan keistimewaan dan kekuatan dianggap penting dalam teori komunikasi dan merupakan tema dari tradisi kritik. Memahami sistem yang sudah dianggap benar, struktur kekuatan dan keyakinan/Ideologi yang mendominasi masyarakat dengan pandangan tertentu dimana minat-minat disajikan oleh struktur kekuatan tersebut. “

4.       Tradisi Teori Sosiokultural

“ Memiliki beragam sudut pandang yang berpengaruh : Paham interaksi simbolis, sosiolinguistik, filosofi bahasa, etnografi dan etnometologi, menekankan pentingnya observasi partisipan dalam kajian komunikasi sebagai cara dalam mengeksplorasi hubungan sosial.

5.       Teori Tradisi Retorika

“ Seni penyusunan argumen dan pembuatan naskah pidato kemudian berkembang sampai meliputi proses adjusting Ideas to People and People to Ideas dalam pesan. Mencakup segala cara manusia dalam menggunakan simbol untuk mempengaruhi lingkungan sekitarnya serta konseptualisasi proses saat menentukan makna dari simbol. Melalui Interpretasi, respon terhadap fakta yang tidak mudah kita temukan pada apa yang telah ada. Menciptakannya melalui penafsiran dari kategori yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar